Header Ads

TERBARU : BONUS DEPOSIT HARIAN 3% || DAFTAR SEKARANG JUGA DI SHIO AYAM BANDAR TOGEL AMAN DAN TERPERCAYA, 1GROUP DENGAN 12SHIO || LINK DAFTAR : WWW.QQSHIOAYAM.COM/REGISTER || LINE :12SHIO4-SHIOAYAM BBM WA :+62 82310284316

Pasukan Keamanan Irak Tembaki Demonstran di Baghdad, 5 Tewas

Pasukan Keamanan Irak Tembaki Demonstran di Baghdad, 5 Tewas
Aksi demonstrasi di Baghdad.


Pasukan Keamanan Irak Tembaki Demonstran di Baghdad, 5 Tewas - Setidaknya 5 orang dilaporkan tewas ketika pasukan keamanan Irak menembaki para pengunjuk rasa di Baghdad, Senin (4/11). Seperti dilaporkan Reuters, ribuan orang mengambil bagian dalam gelombang protes anti-pemerintah terbesar selama beberapa dekade.

Seorang juru kamera Reuters melihat seorang pria ditembak mati, jenazahnya lalu dibawa pergi oleh sesama pengunjuk rasa. Pasukan keamanan Irak dilaporkan melepaskan tembakan langsung ke arah demonstran di dekat Jembatan Ahrar di Baghdad.

Sumber-sumber keamanan dan medis menyebutkan korban tewas empat orang dan 34 orang luka-luka, tetapi hanya bisa memastikan satu kematian berasal dari tembakan langsung. Dua adalah akibat peluru karet dan gas air mata, bukan amunisi hidup.

Sumber-sumber itu juga mengatakan dua orang terbunuh, termasuk seorang perwira polisi, ketika pasukan khusus yang ditugaskan melindungi Zona Hijau yang dijaga ketat menembaki para pengunjuk rasa. Di lokasi ini setidaknya 22 orang terluka.

Seorang juru bicara Perdana Menteri Irak mengatakan, sekelompok pengunjuk rasa telah menyeberangi jembatan dan membakar sebuah restoran. Menurutnya, penegak hukum “berurusan” dengan mereka, meski tidak menguraikan tindakan yang dilakukan.

Lebih dari 250 warga Irak tewas dalam demonstrasi anti pemerintah sejak awal Oktober silam. Para demonstran menganggap pemerintah Irak saat ini korup dan terikat pada kepentingan asing. Sejak berhasil menumpas ISIS pada tahun 2017, Irak telah menikmati dua tahun stabilitas komparatif. Namun, masih banyak orang yang hidup dalam kemiskinan dengan akses terbatas ke air bersih, listrik, perawatan kesehatan, atau pendidikan.

Para pengunjuk rasa menyalahkan sistem politik yang berbagi kekuasaan di antara partai-partai sektarian, yang membuat korupsi mengakar.
“Pemuda telah hidup melalui kesulitan ekonomi, ledakan, penindasan. Kami ingin membasmi elit politik ini sepenuhnya,” kata seorang pengunjuk rasa yang berkemah semalam di Lapangan Tahrir Baghdad. Dia meminta agar dia tidak diidentifikasi.

No comments